Proposal Produk Makanan Donat
PROPOSAL PRODUK MAKANAN
"DONMIL"
Disusun oleh :
1. Jamiatul Muaziz 1812000055
2. Mawardi 1812000054
3. Widya dwi astuti 1812000079
4. Irsatul syiami 1812000061
5. Maria Melania Songubun. 1812000049
6. Muhammad Resa.Ardiansyah 1812000065
7. Roghibun Ainun Mahfud 1812000054
8. Muhammad syihabudin. 1812000057
9. Trinadia regita 1812000076
10. Luhtfi fathul khair 1812000162
11. Rahmawati ananda putri. 1812000064
S1 MENEJEMEN
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
PERBANAS INSTITUTE JAKARTA
TAHUN AJARAN 2018/2019
BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan : CV.DONMIL
Bidang Usaha : Produk Makanan
Jenis Produk : Donat Milenial (DONMIL)
Alamat Perusahaan : Jalan Karbela Belakang II No.7
Nomor Telepon : 085765119830
A. Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui dalah donat, semua orang tentunya suka dengan donat baik kalangan anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya itu bisnis donat merupakan bisnis yang tahan terhadap segala kondisi cuaca, baik musim dingin maupun musim panas, donat tetap akan dicari orang-orang. Dan jika ada event-event seperti ulang tahun, reuni, kumpul bareng, buka puasa, bahkan untuk sarapan.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam makanan donat sehingga penyajian dari donat yang monoton akan tetap disukai oleh segala kalangan dan akan tetap menjadi makanan favorit temu temen dan event-event. Kami mencoba mengkreasikan donat tersebut dengan desine yang berbeda mengikuti era milenial ini, yang akan membuat produk kami lebih menarik dan`mampu mengundang selera. Kelebihan donat yang kami buat adalah berbentuk unik, dimulai dari segitiga, kotak, dan rasa donat yang khas diberikan kombinasi dengan tambahan rasa yang lebih disukai oleh konsumen (rasa coklat, strawberry, keju, coklat kacang, seres.) .
B. Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Masukan semua bahan-bahan yang telah disiapkan menjadi satu dalam wadah.
2. Aduk adonan selama 20 menit dan adonan akan menjadi kalis, bertekstur, dan tidak lengket ditangan.
3. Lalu diamkan adonan selama 1 jam.
4. Desine bentuk donat sesuai pesanan.
5. Hias donat dengan toping sesuai pesanan.
6. Donat siap dihidangkan
C. Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena donat makanan yang digemari oleh banyak orang saat ini, fleksibel terhadap cuaca, dan sering menjadi makanan yang hadir saat event-event. Dalam hal tersebut kami melihat peluang bisnis disana, dan jika kami padukan kreatifitas-kreatifitas dan menciptakan inovasi baru, akan membuat produk donat kami tetap eksis disemua kalangan. Dan tentunya dengan perencanaan bisnis yang matang, dimulai dari segi kualitas produk, produktifitas, dan pemasaran.
D. Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
2. Membuat produk makanan yang selalu berinovasi dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3. Tugas kuliah dalam matakuliah pengantar bisnis.
E. Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan. donmil ini mampu bertahan hingga dua bulan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b. Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam penyajian donat dengan bentuk yang unik yaitu segitiga, kotak, dan love. Kami juga mengabungkan berbagai rasa tambahan yang menarik, yaitu rasa coklat, strawberry, keju, seres, dan kacang.
c. Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan donmil tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat donmil.
2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari donat, karena donat merupakan makanan yang manis dan lembut sehingga banyak kalangan yang menggemari makanan ini. Dengan adanya donmil ini akan menambah variasi dalam memilih donat dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya di lingkungan kampus dan tempat tinggal.
2) Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah persaingan dari tukang dagang lainnya yang memiliki variasinya maisng-masing.
STRATEGI SWOT
Strength
a. Keunggulan produk
b. Keterampilan dan
keahlian
c. Bahan baku mudah
di dapat
Weakness
a. Belum memiliki
cukup pengalaman
b. Kurangnya
Sumber
Daya Manusia
c. Melakukan latihan
terus-menerus
d. Belajar berbisnis
dengan segala
fasilitas yang ada
dan menjalin
koneksi seluas-
luasnya.
Opportunity
a. Banyaknya
konsumen
b. Sistem pemasaran
Melakukan program promosi jitu
Threat
a. Persaingan dengan pedagang lain.
b. Adanya promosi yang lebih menarik sehingga konsumen memilih produk lain.
B. PERENCANAAN BISNIS
1. Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada teman mahasiswa di kampus dan anak SD dan SMP, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan kami akan membuat brosur dan membuat baner yang menarik yang nantinya brosur akan kami bagikan di sekitar kampus dan baner akan kami pasang di depan rumah, sehingga akan menaikan omset pembelian produk kami.
2. Pembiayaan
1. Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No Nama Barang Jumlah Barang Harga Satuan Jumlah Harga
1 Nota kontan 2 buah Rp.3.000 Rp.6.000
2 Kardus 8 buah Rp.18.000 Rp. 144.000
3 Pembungkus plastic 2 pak Rp.6.000 Rp.12.000
4 Mixer 2 buah Rp.750.000 Rp. 1.500.000
TOTAL = Rp1.662.000
2. Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang Jumlah Barang Harga
Terigu 25 kg Rp225.000
Kentang 20 kg Rp150.000
Mentega 2 dus Rp140.000
Gula 40 kg Rp440.000
Varmipan 6 bungkus Rp18.000
Telur 10 kg Rp180.000
Coklat 3 batang Rp33.000
Ayam 1 kg Rp25.000
Abon 1 kg Rp20.000
Kacang 2 kg Rp.12.000
Meses 2 bungkus Rp.10.000
Minyak 9 liter Rp.108.000
TOTAL = Rp.1.361.000
3. Biaya Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp1.361.000+ Rp1.662.000
= Rp3.023.000
4. Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 1.662.000 : 8 Kali = Rp207.750
Biaya variable yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 1.361.000 : 8 Kali = Rp170.125
Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 207.750 + Rp 170.125 = Rp377.875
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per produksi Rp.377.875 : 250 buah = Rp1.511,00
Harga jual per buah Rp 2.000
5. Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
= Rp 1.662.000+ Rp 170.125
= Rp 1.832.125
6. Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : jumlah produk per produksi
= Rp. 377.875 : 250 buah = Rp.1.511,00
Harga jual per unit Rp 2.000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp 377.875 : 1.511
= 250 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 kali produksi, donmil yang harus terjual adalah 250 buah dengan harga per buah adalah Rp 2.000
7. Analisis Keuntungan
Pendapatan : donmil yang terjual x harga jual = 250 x Rp 2.000
= Rp. 500.000
Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 377.875
Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 500.000 – Rp 377.875
= Rp 123.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 250 buah donmil dengan harga Rp 2.000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 123.000
8. Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 377.875 : Rp 123.000
= 3 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 3 kali produksi.
C. STUDI KELAYAKAN
1. Lokasi
Pembuatan Donmil ini dilakukan di Jalan Karbela Belakang II no.7 karet kuningan setiabudi Jakarta selatan. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan SD, SMP, dan kampus. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi dan dapat memesan langsung.
2. Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, instagram, line, whatsapp dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara membuat donmil.
3. Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari empat orang yang bertanggung jawab sebagai manager, bendahara, penanggung jawab produksi, dan bagian pemasaran, dan masih ada tujuh karyawan lainnya. Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memeliki keahlian dibidangnya masing-masing. Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.
D. REAL BUSINESS PLAN
1. Rencana Manajemen
1. Strategi pemasaran
Telah banyak donat yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan konsumen. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan produk
Donat memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan bentuk yang lebih menarik dan unik dengan inovasi-inovasi baru. Donmil ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya Donmil, diharapkan akan menambah variansi dari donat tersendiri.
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di dalam lingkungan kampus kami. Contohnya di kampus Perbanas Institute Jakarta. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.
2. Strategi Produksi
Kami memproduksi donat yang ada dipasaran, tetapi kita lebih kreatif. Kami juga memberikan pilihan varian rasa, dan hiasan toping yang menarik kepada konsumen. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya donat. Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang.
3. Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.
4. Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
a. Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya donat
b. Memperluas berbagai cita rasa dan keunikan bentuk donat
c. Meningkatkan produksi
d. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
e. Selalu berinovasi dalam produksi
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Donmil merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa yang unik dan bentuk yang lebih menarik. Produk kami ini bertujuan utama untuk mendapatkan keuntungan dengan sehat, dan dapat menyediakan layanan yang memuaskan pada konsumen. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti instagram, line dan twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh para mahasiswa. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan donat.
B. Saran
Produk kami mengutamakan kepada unsur kepuasan konsumen, bagaimana konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang, berkualitas, dan murah. Oleh karena itu, produk kami sangat membutuhkan inovasi-inovasi yang harus selalu diubah-ubah menyesuaikan keinginan konsumen, dan membuat sistem dalam transaksi sangat mudah dan nyaman.
"DONMIL"
Disusun oleh :
1. Jamiatul Muaziz 1812000055
2. Mawardi 1812000054
3. Widya dwi astuti 1812000079
4. Irsatul syiami 1812000061
5. Maria Melania Songubun. 1812000049
6. Muhammad Resa.Ardiansyah 1812000065
7. Roghibun Ainun Mahfud 1812000054
8. Muhammad syihabudin. 1812000057
9. Trinadia regita 1812000076
10. Luhtfi fathul khair 1812000162
11. Rahmawati ananda putri. 1812000064
S1 MENEJEMEN
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
PERBANAS INSTITUTE JAKARTA
TAHUN AJARAN 2018/2019
BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan : CV.DONMIL
Bidang Usaha : Produk Makanan
Jenis Produk : Donat Milenial (DONMIL)
Alamat Perusahaan : Jalan Karbela Belakang II No.7
Nomor Telepon : 085765119830
A. Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui dalah donat, semua orang tentunya suka dengan donat baik kalangan anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya itu bisnis donat merupakan bisnis yang tahan terhadap segala kondisi cuaca, baik musim dingin maupun musim panas, donat tetap akan dicari orang-orang. Dan jika ada event-event seperti ulang tahun, reuni, kumpul bareng, buka puasa, bahkan untuk sarapan.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam makanan donat sehingga penyajian dari donat yang monoton akan tetap disukai oleh segala kalangan dan akan tetap menjadi makanan favorit temu temen dan event-event. Kami mencoba mengkreasikan donat tersebut dengan desine yang berbeda mengikuti era milenial ini, yang akan membuat produk kami lebih menarik dan`mampu mengundang selera. Kelebihan donat yang kami buat adalah berbentuk unik, dimulai dari segitiga, kotak, dan rasa donat yang khas diberikan kombinasi dengan tambahan rasa yang lebih disukai oleh konsumen (rasa coklat, strawberry, keju, coklat kacang, seres.) .
B. Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Masukan semua bahan-bahan yang telah disiapkan menjadi satu dalam wadah.
2. Aduk adonan selama 20 menit dan adonan akan menjadi kalis, bertekstur, dan tidak lengket ditangan.
3. Lalu diamkan adonan selama 1 jam.
4. Desine bentuk donat sesuai pesanan.
5. Hias donat dengan toping sesuai pesanan.
6. Donat siap dihidangkan
C. Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena donat makanan yang digemari oleh banyak orang saat ini, fleksibel terhadap cuaca, dan sering menjadi makanan yang hadir saat event-event. Dalam hal tersebut kami melihat peluang bisnis disana, dan jika kami padukan kreatifitas-kreatifitas dan menciptakan inovasi baru, akan membuat produk donat kami tetap eksis disemua kalangan. Dan tentunya dengan perencanaan bisnis yang matang, dimulai dari segi kualitas produk, produktifitas, dan pemasaran.
D. Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
2. Membuat produk makanan yang selalu berinovasi dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3. Tugas kuliah dalam matakuliah pengantar bisnis.
E. Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan. donmil ini mampu bertahan hingga dua bulan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b. Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam penyajian donat dengan bentuk yang unik yaitu segitiga, kotak, dan love. Kami juga mengabungkan berbagai rasa tambahan yang menarik, yaitu rasa coklat, strawberry, keju, seres, dan kacang.
c. Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan donmil tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat donmil.
2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari donat, karena donat merupakan makanan yang manis dan lembut sehingga banyak kalangan yang menggemari makanan ini. Dengan adanya donmil ini akan menambah variasi dalam memilih donat dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya di lingkungan kampus dan tempat tinggal.
2) Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah persaingan dari tukang dagang lainnya yang memiliki variasinya maisng-masing.
STRATEGI SWOT
Strength
a. Keunggulan produk
b. Keterampilan dan
keahlian
c. Bahan baku mudah
di dapat
Weakness
a. Belum memiliki
cukup pengalaman
b. Kurangnya
Sumber
Daya Manusia
c. Melakukan latihan
terus-menerus
d. Belajar berbisnis
dengan segala
fasilitas yang ada
dan menjalin
koneksi seluas-
luasnya.
Opportunity
a. Banyaknya
konsumen
b. Sistem pemasaran
Melakukan program promosi jitu
Threat
a. Persaingan dengan pedagang lain.
b. Adanya promosi yang lebih menarik sehingga konsumen memilih produk lain.
B. PERENCANAAN BISNIS
1. Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada teman mahasiswa di kampus dan anak SD dan SMP, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan kami akan membuat brosur dan membuat baner yang menarik yang nantinya brosur akan kami bagikan di sekitar kampus dan baner akan kami pasang di depan rumah, sehingga akan menaikan omset pembelian produk kami.
2. Pembiayaan
1. Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No Nama Barang Jumlah Barang Harga Satuan Jumlah Harga
1 Nota kontan 2 buah Rp.3.000 Rp.6.000
2 Kardus 8 buah Rp.18.000 Rp. 144.000
3 Pembungkus plastic 2 pak Rp.6.000 Rp.12.000
4 Mixer 2 buah Rp.750.000 Rp. 1.500.000
TOTAL = Rp1.662.000
2. Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang Jumlah Barang Harga
Terigu 25 kg Rp225.000
Kentang 20 kg Rp150.000
Mentega 2 dus Rp140.000
Gula 40 kg Rp440.000
Varmipan 6 bungkus Rp18.000
Telur 10 kg Rp180.000
Coklat 3 batang Rp33.000
Ayam 1 kg Rp25.000
Abon 1 kg Rp20.000
Kacang 2 kg Rp.12.000
Meses 2 bungkus Rp.10.000
Minyak 9 liter Rp.108.000
TOTAL = Rp.1.361.000
3. Biaya Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp1.361.000+ Rp1.662.000
= Rp3.023.000
4. Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 1.662.000 : 8 Kali = Rp207.750
Biaya variable yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 1.361.000 : 8 Kali = Rp170.125
Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 207.750 + Rp 170.125 = Rp377.875
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per produksi Rp.377.875 : 250 buah = Rp1.511,00
Harga jual per buah Rp 2.000
5. Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
= Rp 1.662.000+ Rp 170.125
= Rp 1.832.125
6. Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : jumlah produk per produksi
= Rp. 377.875 : 250 buah = Rp.1.511,00
Harga jual per unit Rp 2.000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp 377.875 : 1.511
= 250 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 kali produksi, donmil yang harus terjual adalah 250 buah dengan harga per buah adalah Rp 2.000
7. Analisis Keuntungan
Pendapatan : donmil yang terjual x harga jual = 250 x Rp 2.000
= Rp. 500.000
Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 377.875
Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 500.000 – Rp 377.875
= Rp 123.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 250 buah donmil dengan harga Rp 2.000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 123.000
8. Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 377.875 : Rp 123.000
= 3 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 3 kali produksi.
C. STUDI KELAYAKAN
1. Lokasi
Pembuatan Donmil ini dilakukan di Jalan Karbela Belakang II no.7 karet kuningan setiabudi Jakarta selatan. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan SD, SMP, dan kampus. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi dan dapat memesan langsung.
2. Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, instagram, line, whatsapp dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara membuat donmil.
3. Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari empat orang yang bertanggung jawab sebagai manager, bendahara, penanggung jawab produksi, dan bagian pemasaran, dan masih ada tujuh karyawan lainnya. Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memeliki keahlian dibidangnya masing-masing. Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.
D. REAL BUSINESS PLAN
1. Rencana Manajemen
1. Strategi pemasaran
Telah banyak donat yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan konsumen. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan produk
Donat memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan bentuk yang lebih menarik dan unik dengan inovasi-inovasi baru. Donmil ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya Donmil, diharapkan akan menambah variansi dari donat tersendiri.
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di dalam lingkungan kampus kami. Contohnya di kampus Perbanas Institute Jakarta. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.
2. Strategi Produksi
Kami memproduksi donat yang ada dipasaran, tetapi kita lebih kreatif. Kami juga memberikan pilihan varian rasa, dan hiasan toping yang menarik kepada konsumen. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya donat. Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang.
3. Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.
4. Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
a. Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya donat
b. Memperluas berbagai cita rasa dan keunikan bentuk donat
c. Meningkatkan produksi
d. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
e. Selalu berinovasi dalam produksi
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Donmil merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa yang unik dan bentuk yang lebih menarik. Produk kami ini bertujuan utama untuk mendapatkan keuntungan dengan sehat, dan dapat menyediakan layanan yang memuaskan pada konsumen. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti instagram, line dan twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh para mahasiswa. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan donat.
B. Saran
Produk kami mengutamakan kepada unsur kepuasan konsumen, bagaimana konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang, berkualitas, dan murah. Oleh karena itu, produk kami sangat membutuhkan inovasi-inovasi yang harus selalu diubah-ubah menyesuaikan keinginan konsumen, dan membuat sistem dalam transaksi sangat mudah dan nyaman.
AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
BalasHapusPasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
Sabung ayam
sbobet online
casino online
tembak ikan
daftar bisa langsung ke:
LINE : agens1288
WhatsApp : 085222555128