Cara aneh cina dalam mengatur kurs mata uang

Cara aneh cina dalam mengatur kurs mata uang

Creat by : Jamiatul Muaziz


Salam pergerakan.
Dalam artikel kali ini saya ingin sedikit membagikan beberapa hal yang menarik dan pasti menggoncang perspektif sahabat prihal kebijakan moneter berupa mengatur peredaran mata uangnya.

Normalnya suatu negara akan mencoba untuk menaikan kurs mata uang negaranya demi kesejahtraan masyarakat, INGAT menaikan kurs mata uang.
Untuk menaikan kurs mata uang tentunya dengan mengatur jumlah uang yang beredar dimasyarakat.
Sesuai dengan teori permintaan dan penawaran, semakin banyak quantitas semakin tidak berharganya suatu barang, begitu pula dengan uang, kurs mata uang akan melemah apabila bank indonesia memproduksi uang terlalu banyak.

Sahabat pernah ga berfikir, saat hari lebaran banyak masyarakat indonesia menukarkan uang baru ke bank. Apa artinya?
Artinya tidak mungkin bank selalu sedia uang baru yang masih mulus jika tidak memproduksi uang. Bank Indonesia pasti setiap tahunnya selalu mencetak uang baru demi permintaan masyarakat. Hal inilah salah satu penyebab kurs mata uang Indonesia melemah.

Yang menjadi pertanyaan
Bagaimana cara indonesia menaikan kurs mata uang?
Sesuai teori ekonomi makro "untuk menaikan kurs mata uang, dapat dilakukan dengan cara : menjual surat berharga, menaikan pajak, dll." Dengan demikian uang yang beredar akan berkuarang sehingga nilai rupiah naik. Dan ketika rupiah naik harga barang yang diperjual belikan di Indonesia tentunya akan turun dong. Kalo harga turun?
masyarakat dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, dengan kata lain "bisa puas dah beli mie yamin satu bagor" :p

Namun, sahabat pernah tau ga? Cara cina untuk mensejahtrakan rakyatnya.
Cina mencapai kesejahtraan rakyatnya dengan cara yang tidak biasa. Berbanding terbalik dengan teori ekonomi pada umumnya sehingga menciptakan teori baru yang hanya dapat diterapkan oleh negara yang sistem perekonomiannya mirip dengan china.

Apa yang dilakukan china untuk mensejahtrakan rakyatnya?
China menggunakan dumping teory, yaitu melemahkan kurs mata uangnya demi menguasai pasar internasional, ekspor china dimana-mana, pengangguran berkurang, cadangam devisa negara naik.
Memang sungguh aneh cara yang dilakukan oleh negara kungfu panda ini. Berbanding terbalik dengan teori umumnya.

Mimin punya pertanyaan ni, bagaimana jika cara cina dalam mensejahtrakan rakyat diterapkan di indoensia?  Apakah berhasil?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cargocoin by jamiatul muaziz

Myos