STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE cap pmii perbanas

 STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE STAMPEL PMII PERBANAS INSTITUTE



Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang disingkat dengan PMII adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 17 April 1960 di Surabaya. Adapun ketua umum pertama PMII bernama Mahbub Djunaidi dan Ketua Umum PB PMII saat ini adalah Muhammad Abdullah Syukri.

 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) adalah organisasi mahasiswa Nahdliyin yang lahir untuk mewujudkan adanya keseimbangan sosial dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dipenuhi dengan rasa tanggung jawab yang besar pula, karena sesungguhnya gelar mahasiswa adalah tantangan untuk mewujudkan suatu kehidupan yang lebih baik untuk orang-orang disekitarnya. PMII lahir melalui musyawarah mahasiswa Nahdlatul Ulama’ (NU) tepatnya dikota surabaya pada tanggal 17 april 1960/21 syawal 1397 H. Yang diketuai oleh Mahbub Djunaidi. PMII terdiri dari 4 penggalan kata, yaitu Pergerakan, Mahasiswa, Islam dan Indonesia.

·      Makna “ Pergerakan” yang terkandung dalam PMII adalah dinamika dari mahluk yang senantiasa bergerak menuju idealnya memberikan rahmat dari alam sekitrnya. Pergerakan dalam hubungan dengan organisasi mahasiswa menuntut upaya sadar untuk membina dan mengembangkan potensi ketuhanan dan kemanusiaan, dalam konteks individual, komunitas atau organisatiris PMII harus senantiasa mencerminkan pergerakannya menuju kondisi yang lebih baik sebagai bentuk tanggung jawab kepada lingkungnya.

·      Makna “Mahasiswa” yang terkandung dalam PMII dalah golongan generasi muda yang menuntut ilmu diperguruan tinggi yang memiliki identitas diri. Identitas diri mahasisiwa terbangun oleh citra diri sebagai insan religiug, oleh karena itu terpantul tanggung jawab keagamaan , intelektual, sosial kemasyarakatan, dan tanggung jawab sebagai hamba tuhan maupun sebagai warga bangsa dan negara.

·      Makna “Islam” yang terkandung dlam PMII adalah islam sebagai agama yang dipahami dengan paradigma ahlussunnah wal jamaah yaitu pendekatan terhadap ajaran agama islam secara proposional antara iman, islam, ihsan.

·      Makna “Indonesia” yang terkandung dlam PMII adalah masyarakat bangsa dan negara indonesia yang mempunyai falsafah dan idiologi bangsa (pancasila) serta UUD 1945.

 Secara Totalitas PMII seabagai organisasi merupakan suatu gerakan yang bertujuan melahirkan kader-kader bangsa yang mempunyai integrasi diri sebagai hamba yang bertaqwa kepada alllah SWT dan atas dasar ketaqwaannya berkiprah mewujudkan peran kemanusiaannya membangun masyarakat bangsa dan negara indonesia menuju suatu tatanan masyarakat yang adil dan makmur.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cargocoin by jamiatul muaziz

Myos